Sidobatik adalah Rumah Produksi Batik lengkap dengan Akta Pendirian Notaris, SIUP, TDP, NPWP Usaha. Produksi di dukung oleh Tim Produksi, Tim Pewarna, Tim Marketing dan Penjualan, Tim Konveksi. Sidobatik melayani pembuatan bahan kain dan baju seragam batik secara handmade. Workshop di Jl. Ngadirojo – Jatipuro KM.2, Bulurejo RT02/1, Mlokomaniskulon, Ngadirojo, Wonogiri. HP : 085290032077


Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Hello Batik Lovers,

Semakin hari perkembangan bisnis fashion satu ini semakin menggeliat. Terlebih ketika pemerintah kita juga mendukung perkembangan salah satu budaya lokal sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa yang wajib untuk di pertahankan. Adapun salah satu upaya itu adalah dengan keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri ( Permendagri ) Nomor 68 Tahun 2015 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Departemen Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah.


pakaian dinas pegawai negeri sipil terbaru
Aturan untuk pakaian dinas pegawai negeri sipil terbaru seperti tersebut dalam pasal 2 adalah pemakaian PDH batik/tenun/pakaian khas daerah. Dengan adanya penekanan tersebut, maka pegawai negeri sipil pun menyesuaikan dan wajib mematuhi regulasi yang telah ditetapkan. Sehingga pemenuhan kebutuhan baju batik pun semakin meningkat. Pengrajin batik lokal atau pun pakaian khas daerah akan semakin mendapatkan banyak pesanan.

Bermacam motif batik mulai bermunculan, ide serta kreatifitas pengrajin pun semakin mendapatkan tantangan agar batik mereka bisa berkembang. Daerah - daerah pun berlomba membuat motif yang baru. Namun hal ini juga tidak serta merta meninggalkan motif lama yang terlebih dahulu ada. Sajian motif baru adalah sebagai penggiat serta tawaran pilihan yang lebih beragam bagi masyarakat yang membutuhkan fashion jenis batik.

Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Motif batik yang berkembang pun bukan saja terfokus pada pola lama atau ttradisional. Semakin berkembangnya zaman serta tuntutan kreatifitas maka muncullah batik motif abstrak kontemporer. Motif ini biasanya di sukai oleh kalangan anak muda. Karena kesan kreatif dan masa kini lebih menonjol dengan konsep pewarnaan kain batik yang menarik.

Batik abstrak kontemporer juga memberikan nuansa modern bagi pemakainya. Warna yang dipakai dalam pembuatan batik ini biasanya adalah pewarna buatan. Pewarna buatan tersebut berjenis Rhemasol ( menghasilkan warna lebih cetar ). Warna dasar yang di gunakan dalam pembuatan batik jenis abstrak biasanya adalah menggunakan pewarna buatan berjenis napthol.

Batik abstrak cenderung mengedepankan serta menonjolkan pewarnaan yang bersifat gradasi. Perpaduan beberapa warna yang di poleskan menyatu sehingga seolah tak ada batas antara warna satu dengan yang lainnya. Motif yang digambarkan dalam batik abstrak ini juga cenderung tidak mengikuti pakem motif/pola yang telah ada. Dengan kata lain motif batik abstrak tersebut menabrak pakem motif yang telah ada. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini :

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Sedangkan batik tradisional merupakan batik dengan motif turun temurun. Motif tradisional mempunyai makna yang pasti dan jelas. Penemu motif tradisional mempunyai filosofi yang kental dengan adat budaya serta makna mendalam akan kehidupan manusia. Juga sebagai lambang sesuatu yang di yakini membawa energi magis bagi pemakainya. Motif tradisional dibuat era jaman kerajaan dulu. Misalkan motif parang, motif udan mas, motif kawung, motif tumpal, dan sebagainya. Sebagai contoh motif tradisional seperti gambar di bawah ini :

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional

Ini Dia Perbedaan Batik Abstrak Dan Batik Tradisional


Tidak ada yang salah dengan kedua jenis motif batik di atas. Baik motif abstrak maupun motif tradisional, semua adalah karya seni yang luar biasa. Peminat dari jenis batik masing - masing pun bervariasi. Kecenderungan untuk kawula muda lebih menyukai batik dengan motif abstrak. Sedangkan generasi tua lebih cenderung memilih motif tradisional.

Batik abstrak merupakan bentuk kreatifitas seni gambar yang kekinian. Pola yang tidak teratur serta pewarnaan yang cenderung lebih berani. 

Demikian informasi mengenai perbedaan batik abstrak dan batik tradisional semoga bermanfaat bagi ilmu pengetahuan anda. 



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ya tulis komentar tentunya dengan tujuan dan bahasa yang baik. Doakan kami sukses dan semoga demikian juga buat anda..