Sidobatik adalah Rumah Produksi Batik lengkap dengan Akta Pendirian Notaris, SIUP, TDP, NPWP Usaha. Produksi di dukung oleh Tim Produksi, Tim Pewarna, Tim Marketing dan Penjualan, Tim Konveksi. Sidobatik melayani pembuatan bahan kain dan baju seragam batik secara handmade. Workshop di Jl. Ngadirojo – Jatipuro KM.2, Bulurejo RT02/1, Mlokomaniskulon, Ngadirojo, Wonogiri. HP : 085290032077


Ini Dia Ciri Khas Batik Wonogiren Yang Tidak Banyak Diketahui Orang


Ini dia ciri khas batik wonogiren Wonogiri merupakan sebuah kota kecil yang terletak di sebelah selatan Solo. Berbatasan dengan beberapa kabupaten di antaranya sebelah selatan adalah Kabupaten Pacitan Jawa Timur, sebelah utara kabupaten Sukoharjo, sebelah barat dengan Kabupaten Wonosari Jogjakarta, sebelah timur dengan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, Sebelah timur laut dengan Kabupaten Magetan Jawa Timur. 


Ini Dia Ciri Khas Batik Wonogiren Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Perkembangan batik di Wonogiri sudah cukup lama, dan daerah atau kecamatan pengrajin batik yang terkenal adalahh di Kecamatan Tirtomoyo. Disana terdapat puluhan pengrajin batik yang telah mempunyai pangsa pasar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Batik Wonogiri atau lebih dikenal dengan sebutan Batik Wonogiren mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan batik dari daerah sekitar. 

Ciri khas tersebut adalah adanya remukan dalam motif – motif batik wonogiren. Remukan ini merupakan tekhnik dalam pembuatan batik, dengan cara meremuk atau memecah malam di atas kain. Sehingga ciri khusus motif yang ada di setiap batik wonogiren adalah motif pecah. Awalnya batik wonogiren ini cenderung mempunyai motif dengan dominan warna hitam dan coklat ( sogan ), dengan beberapa ruang motif remukan. 

Akan tetapi dengan perkembangan zaman maka motif batik wonogiren semakin beraneka ragam tanpa meninggalkan ciri khas tersebut. Cara pembuatan batik wonogiren pun relatif mudah, namun juga sedikit sulit. Perlu keahlian atau tekhnik memberikan pola pecahan yang menarik dari setiap motif kain batik wonogiren. Perkembangan batik wonogiren saat ini kurang begitu pesat, hal ini disebabkan kurangnya kerjasama yang baik di antara para pengusaha batik di Wonogiri. Tingkat pemasaran secara online pun belum mempunyai target atau konsep yang jelas. 

Ini Dia Ciri Khas Batik Wonogiren Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Cara marketing yang biasanya dilakukan oleh pengusaha atau pengrajin batik wonogiren cenderung monoton. Antara lain mengikuti pameran batik di beberapa tempat, menjual batik secara offline serta kurangnya dukungan dari berbagai pihak utamanya masyarakat sendiri yang lebih banyak memilih mencari pekerjaan ke daerah lain atau merantau. Belum adanya badan usaha atau lembaga semacam koperasi yang terpusat yang menampung hasil karya para pengrajin batik, serta pemasaran yang cenderung individual tidak terkonsep sinergi dan kerjasama. 

Sehingga, peluang untuk lebih memperkenalkan batik wonogiren ke dunia internasional pun dirasa kurang. Kesan mahal juga dirasakan oleh konsumen batik wonogiren, memang hal ini tidak bisa dijadikan tolok ukur sebab mahal dan tidak itu relatif. Batik tulis wonogiren dengan tingkat kesulitan serta kerumitan motif yang di ciptakan, mempunyai nilai harga yang tentunya lebih mahal di banding batik yang biasa saja corak dan motifnya. Selain ciri khas motif batik wonogiren dengan motif pecah, salah satu ciri batik wonogiren antara lain gambar flora dan fauna. 

Gambar motif flora dan fauna mencoba untuk mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Wonogiri, misalkan saja potensi pertanian. Konsep pewarnaan batik wonogiren cenderung mendetail serta mempunyai corak warna yang kuat. Warna cerah merah, hijau, kuning dan warna putih dengan motif pecah kecil maupun sedang. Motif akar atau batang pohon serta daun singkong juga menjadi salah satu ciri khas batik wonogiren. 

Di antara ruang motif selalu di tampilkan pecahan lilin malam, sehingga selalu terdapat ciri utama batik wonogiren. Banyak kita temukan juga batik wonogiren dengan warna lebih soft, yaitu dasar putih dan motif berwarna coklat muda. Jika anda ingin mendapatkan produk batik wonogiren silahkan datang ke wonogiri, utamanya ke kecamatan Tirtomoyo. Dan saat ini pun di kecamatan Sidoharjo dengan brand batik Parnaraya-nya juga menjadi pusat pengrajin batik di Kabupaten Wonogiri. Demikian informasi mengenai ciri khas batik wonogiren, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ya tulis komentar tentunya dengan tujuan dan bahasa yang baik. Doakan kami sukses dan semoga demikian juga buat anda..